Sabtu, 08 Juni 2013

BUTRINT

Situs Arkeologi Kuno di Albania

Butrint adalah situs arkeologi kuno yang terletak di Albania. Situs ini terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun1992. Butrint merupakan sebuah daerah yang sudah dihuni sejak jaman prasejarah. Dalam sejarah perkembangannya, tempat ini pernah didiami oleh koloni Yunani, pernah juga menjadi kota di bawah kekuasaan Roma, serta sempat menjadi tempat awal perkembangan keuskupan katolik. Tempat ini juga pernah diperintah oleh kekaisaran Byzantium, yang di ikuti oleh kerajan venesia, dan juga pernah di tinggalkan pada akhir abad pertengahan, ketika daerah ini menjadi tanah rawa.

Situs peninggalan Butrint meliputi daerah seluas 3.980 hektar, dengan zona Buffer (daerah pendukung) seluas 4.611,2 hektar. Penggalian Arkeologi ditempat ini dimulai sejak tahun 1928 oleh pemerintah italia pada masa pemerintahan fasis di bawah pimpinan Benito Mussolini. Sejak saat itu, penggalian terus dimulai dan dilakukan oleh pemerintahan yang berganti-ganti. Setelah jatuhnya Rezim komunisme di Albania pada tahun 1992, tempat ini kemudian di daftarkan dalam salah satu warisan dunia.

Dengan banyaknya penggalian liar dan perampokan artefak dari tempat ini, Yayasan Monumen Dunia (World Monuments Fund) menjadikan tempat ini situs sejarah yang terancam kerusakan antara tahun 1997 sampai tahun 2005, sebelum kemudian ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia yang dilindungi.

Berbagai macam reruntuhan masih berdiri di Butrint,termaksud juga di dalamnya sebuah benteng yang berdiri sejak abad ke 6 SM, amphitheater dari abad ke 3 SM, dua buah kuil kuno (salah satunya ditujukan pada Asklepios, dewa pengobatan Yunani). Reruntuhan Basilica Byzantine di Butrint yang terdapat di tempat ini dikatakan sebagai basilica terbesar kedua yang berasal dari kekaisaran Byzantium setelah Hagia Sophia di Istanbul.

Butrint atau dalam bahasa kunonya Buthorotum, merupakan sebuah pelabuhan Helenistik pada masa kekaisaran Ottoman, dan terletak di sebelah barat daya Albania. Terletak di selat Corfu, di kelilingi oleh Laguna yang sangat indah di wilayah laut Adriatik. Butrint terletak di Distrik Sarande, 14 km di selatan Sarande dan dekat dengan perbatasan Yunani. Tempat ini terletak di sebuah bukit, dengan pemandangan terusan Vivari dan bagian dari taman nasional Butrint.

Penggalian pertama yang dilakukan oleh pemerintah italia di bawah pimpinan Mussolini lebih bertujuan Geopolitik di bandingkan keilmuan, yakni untuk memperkuat hegemoni italia di daerah tersebut.


Pemerintah Albania sendiri menetapkan taman nasional Butrint sebagai salah satu daerah yang dilindungi tahun 2000, dengan dukungan UNESCO. Butrint kemudian dapat disebut sabagai model bagaimana komunitas di sebuah Negara dapat di berdayakan melalui eksploitasi yang sesuai di bidang warisan Budaya. Tempat ini kemudian menjadi sumber penelitian dan pengetahuan untuk tujuan pendidikan yang penting sampai sekarang.

di kutip dari : warisan Dunia, N. widarmoko - Sukmo pinuji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar