Selasa, 27 November 2012

MITOLOGI YUNANI

ZEUS ( JUPITER )...!!!

        zeus dan dua sodaranya mendapat daerah kekuasaan yang banyak. laut diberikan pada poseidon, sementara neraka diberikan pada hades. zeus menjadi penguasa tertinggi. ia penguasa langit, dewa hujan dan pengumpul awan yang memiliki halilintar yang mengerikan. kekuatanya jauh lebih besar dibandingkan para dewa lainya. dalam Iliad ia berkata tentang keluarganya," aku yang paling berkuasa. cobalah  jika kalian ingin membuktikannya. kalian tidak dapat mengalahkanku. namun aku dapat membinasakan kalian dengan mudah. aku dapat mengikat bumi dan laut sekaligus dan menggantungnya di langit. 

       namun zeus tak maha kuasa dan mengetahui, bisa ditentang dan ditipu. poseidon menipunya dalam Iliad, begitu juga dengan hera. terkadang kekuatan misterius, takdir (fate), berbicara kuat darinya. homer membuat hera bertanya pada zeus dengan penuh ejekan jika ia ingin menunda kematian manusia yang di takdirkan mati.  

        zeus adalah dewa yang mudah jatuh cinta pada wanita dan berusaha menyembunyikan perselingkuhanya dari istrinya. penjelasan mengapa tindakan tersebut dilakukan seorang dewa yang penuh keagungan adalah, menurut para sarjana, bahwa zeus adalah perpaduan dari banyak dewa. ketika pemujaanya menyebar ke sebuah kota dimana sudah terdapat dewa yang berkuasa, keduanya berfungsi jadi satu. istri dari dewa tersebut lalu diserahkan pada zeus. hasilnya bagaimanapun juga, tidak menyenangkan dan bangsa yunani yang kemudian tidak menyukai akhir hubungan seperti itu.

        dalam catatan paling awal, zeus memiliki keagungan. agamemnon berdoa pada zeus dalam iliad," zeus, yang maha agung dan maha kuasa, dewa badai-awan, kau yang mendiami surga." zeus menuntut manusia melakukan perbuatan yang benar dan memberi persembahan padaya. pasukan yunani di troy berkata," ayah zeus tak akan menolong mereka yang telah berbohong dan melanggar sumpahnya." dua citra tentangnya, rendah dan tinggi, tetap bertahan untuk sekian lama.

       gambar dadanya adalah pengayoman, amat mengerikan jika dilihat;  burungnya adalah elang, pohonnya adalah ek. peramalnya (oracle) adalah dodona di sebuah negeri pohon ek. kehendak zeus dapat diketahui dengan mencuri daun pohon ek yang diterjemahkan pendetanya.


dikutip dari : MITOLOGI YUNANI. EDITH HAMILTON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar