Selasa, 27 November 2012

MITOLOGI YUNANI 01

   HERA (JUNO)...!!!

      ia adalah saudara perempuan zeus dan istrinya. hera dibesarkan oleh titan ocean dan tethys. pernikahan menjadi perhatian khususnya, karena ia adalah dewi pelindung pernikahan. sangat sedikit puisi yang menggambarkan hera. dalam puisi lebih awal hera disebutkan dengan gelar ratu para dewa, bersinggasana emas, paling cantik di antara dewi, wanita agung. semua yang mendiami olympus memujanya, dan ia dihormati seperti zeus.

     namun ketika setiap catatan tentangnya mulai membahas bagian terkecil, catatan itu memperlihatkan kesibukan utamanya adalah menghukum wanita yang di selingkuhi suaminya, meskipun penyerahan mereka hanya karna terpaksa atau tipu muslihat yang dimainkan zeus. bagi hera sama saja, dan ia memperlakukan mereka sama.atas kemarahannya yang keras juga berlaku bagi keturunan mereka. ia tidak pernah melupakan kepedihan. perang troy dapat berakhir dengan perjanjian damai, tak ada yang di taklukan dan menaklukan, seandainya ia tidak membenci bangsa troy yang tidak memilihnya sebagai dewi yang pantas mendapat apel emas. ia tetap menyimpan dendam hingga akhir troy hancur.

       dalam kisah pencarian bulu domba emas, ia adalah dewi pelindung dan pemberi inspirasi bagi para pahlawan yang ikut dalam ekspedisi pencarian bulu domba emas, namun tidak dalam kisah lainya. namun demikian ia di muliakan disetiap rumah. hera adalah dewi pernikahan yang melindungi calon pengantin wanita yang meminta perlindungannya. Ilithyia (Eileithyia) yang membantu wanita melahirkan adalah putrinya.

       sapi dan burung merak adalah binatang yang disucikan untuk hera. argos adalah kota favoritnya.


dikutip dari : MITOLOGI YUNANI, EDITH HAMILTON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar